Kamis, 17 Januari 2013

Sagu Keju / Semprit Keju



Akhirnya kesampaian juga bikin sagu keju. Padahal tepung sagunya udah beli sejak hari raya kurban kemarin Waktu itu beli buat dibikin bakso dan sisanya masih buanyak jadi udah rencana bikin sagu keju. Tepungnya juga sudah aku sangrai. Resepnya pakai punya NCC aja. Kue sagu keju ini kesukaan anak-anak.Biasanya kalau lagi lebaran ke rumah tantenya yang bakul kue pasti ada sagu keju dan anakku pasti milih kue ini. Jadi mak-nya harus bisa bikin juga. Jadilah malem-malem kubulatkan tekad untuk menakhlukkan si sagu keju hehehe..... Eits, tapi kok keju edamnya aku cuma punya dikit ya, jadi sisanya pake keju cheddar aja. Pengovenan tahap pertama apiku juga kegedean jadi sebagian kuenya ada yang warnanya kecoklatan. Harusnya pakai api yang kecil sekali biar bisa putih mulus gitu hasilnya. Tapi yang pasti anak-anak seneeeeng banget dibikinin sagu keju ini. Enaaaak....makyussss.... begitu nyampe di mulut langsung lumer.

Bahan :

300 gr tepung sagu tani (aku pakai kanji super) yang sudah disangrai
100 gr margarin
50 gr butter
150 gr gula halus
1 butir kuning telur
100 gr keju edam parut (aku pakai 25 gr keju edam dan 75 gr keju cheddar)
50 ml santan kental instan. (aku pakai susu cair)

Cara membuat :

- Kocok sebentar margarin, butter dan gula halus
- Masukkan kuning telur, kocok rata.Matikan mixer.
- Masukkan tepung sagu, keju parut dan santan/susu cair secara bertahap, aduk rata.
- Adonan siap dicetak dengan spuit. Kalau adonan terlalu keras untuk dicetak tambahkan cairan tapi jangan terlalu lembek adonannya.
- Panggang dengan api 120 derajat celcius selama kurleb 40 menit.


2 komentar:

  1. kalau ga ada keu edam sama sekali gimana sist??? :( di kota ku ga jual keju edam

    BalasHapus
  2. pakai keju cheedar juga bisa kok. buat dicampur di adonan dan ditaburin diatasnya bikin sagu kejunya tambah cantik lho

    BalasHapus