Senin, 29 Oktober 2012

Sate Sampi (Sate Daging Sapi)


Ini hidangan khas Bali, namanya Sate Sampi. Unik juga namanya dan rasanyapun juga pasti unik, jadi ga ada salahnya untuk mencoba. Resepnya aku dapat dari Tabloid Saji bulan Januari 2004 (hasil dari ngubek-ngubek koleksi resep semalem).Bumbunya simple dan kebetulan daging sapi yang udah aku rebus kemarin sudah empuk. Harusnya sih pake daging yang masih segar, tapi gak pa pa lah yang penting kan rasanya....

Bahan :

500 daging sapi has dalam, potong kotak-kotak
2 lembar daun salam
3 sdm minyak untuk menumis
500 ml air (aku pake air kaldu rebusan daging)
1 sdm gula merah
15 biji tusuk sate

Bumbu yang dihaluskan :

10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
3 cm lengkuas
5 buah cabe merah (aku cuma punya 3 buah)
2 buah cabe rawit (aku nggak pake karena anak-anak gak suka pedas)
1/2 sdm ketumbar
1 sdt merica
1/2 sdt garam

Cara membuat :

1. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai matang.
2. Masukkan daging sapi dan gula merah, beri air.
3. Masak sampai bumbu meresap dan dagiing empuk. Kalau belum empuk tambahkan lagi airnya dan masak sampai airnya habis.
4. Setelah matang dan daging empuk, angkat, biarkan agak dingin
5. Tusukkan di tusuk sate.
6. Bakar di bara api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar