Rabu, 24 Oktober 2012

Roti Tawar (Water Roux Method/Tangzhong)


Water roux apaan tuh? ooo… ternyata metode membuat roti supaya hasilnya lebih lembut, empuuuk tanpa obat pengempuk. Hmmm… harus dicoba nih. Resepnya dari mbak Hesti’s Kitchen yang resep2nya dijamin mantaps. Thx ya mbak Hesti…

Step 1. Buat dulu Water Roux starter (tangzhong):

100 gr cakra
500 ml air

Caranya : Masukkan tepung dalam panci, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental, tapi jangan sampai mendidih yaa… Angkat, lalu dinginkan. Timbang adonan 240 gr, sisihkan. Sisanya bisa disimpan di kulkas.

Step 2. Buat adonan roti

240 gr water roux starter
500 gr cakra
200 gr segitiga
110 gr gula pasir (aku 80 gr saja)
15 gr susu bubuk (aku pake dancow 1 saschet)
11 gr ragi instant (fermipan)
220 ml air
60 gr minyak (aku pake margarin)
1/2 sdt garam

Cara membuat:

- Dalam mangkuk masukkan tepung cakra dan segitiga, gula pasir, susu dan fermipan. Masukkan water roux starter dan air, lalu uleni di atas meja sampai kalis.
- Masukkan margarin dan garam, lanjutkan menguleni sampai kalis elastis.
- Bulatkan adonan, letakkan di mangkuk, tutup dengan lap. Fermentasikan selama 30 menit atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat
- Kempiskan adonan dengan cara meninjunya. Ambil adonan dan timbang seberat 250 gr untuk roti tawar (aku mau bikin 2 buah). Sisanya aku timbang @60gr untuk roti yang kecil-kecil isi blueberry dan meses.
- Bulatkan dan fermentasikan lagi selama 30 menit
- Untuk roti tawar, pipihkan adonan dengan rolling pin, bentuk persegi panjang lalu gulung seperti menggulung bolu gulung. Masukkan ke dalam loyang loaf yang sudah diolesi margarin tipis2.

- Untuk roti manis aku bentuk bulat saja.
- Diamkan adonan selama kurleb 45 menit atau sampai mengembang 2x lipat.
- Olesi permukaan roti dengan kuning telur yang dicampur dengan susu cair. Panggang dengan suhu 180C. Untuk roti tawar sekitar kurleb 15 menit (tergantung oven masing2.
- Setelah matang, angkat dan oles dengan margarin supaya tampak mengkilat.

Mau roti tawarnya…? Hasilnya benar-benar lembuuut... gak kalah deh sama rotinya abang-abang tukang roti yang suka lewat di depan rumah :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar